Senin, 28 Februari 2011

Pembangunan Fly Over Merak - Balaraja

Latar Belakang Proyek
Kalo kita lihat sekarang ini, sedang hangat-hangatnya kemacetan yang terjadi di Merak sekarang ini. Namun apakah ada hubungannya dengan pembangunan Fly Over Merak Balaraja yang sedang dibangun sekarang ini?

Jawabannya Anda cari sendiri aja ya!hehehe. Tapi menurut para saksi-saksi yang udah Saya tanyakan, mengatakan kemacetan yang terjadi bukan karena proyek pembangunan Fly Over Merak Balaraja. Kata temen-temen PKL ane nih, pembangunan Fly over ini bertujuan untuk memperlancar arus barang-jasa di seputaran daerah Merak dan sekitarnya, terutama arus bongkar muat. Perlu diketahui bahwa yang lalu lalang di daerah seputaran Merak itu bukan hanya kendaraan-kendaraan besar, namun juga ada angkutan umum, mobil pribadi dan motor juga gan.

Nah sekarang kita masuk ke intinya aja nih biar jelas.OK.
Rencananya proyek ini akan selesai pada akhir januari namun pada pelaksanaanya di Lapangan terjadi kendala-kendala yang bersifat teknis sehingga diperkirakan proyek ini akan selesai pada akhir maret.Ya kita doakan saja biar proyeknya lancar dan cepat selesai.

Gambaran Umum Proyek

Nama Proyek : Pembangunan Flyover Merak & Flyover Balaraja
Jenis/Tipe Proyek : Sipil/B
Lokasi : Banten
Owner : Departemen Pekerjaan Umum
Kontraktor : Tokyu – Waskita J.O
Nomor Kontrak : KU.08.08/PEMB-FMB/33/2009
Tanggal Kontrak : 14 October 2009
Sumber dana : Loan JBIC
Nilai Kontrak : 543.428.296,00 JPN¥ and 131.783.689.871,00Rupiah
(termasuk PPN 10 %)
Konsultan : Katahira ad Engineers International
Waktu pelaksanaan : 425 hari
Masa pemeliharaan : 365 hari

Technical Data Merak Flyover
-Length : 460.00 m
-Width : 6 – 8 m
-General of Work

1.Sub Structure
a.Bore Pile
-Concrete Class B fc 30 Mpa
-Reinforcing Steel Grade 40
-Permanent Casing dia 2,5 m
Pile : P10, P11, PB4, PB5
b.Pier
-RC dia 1 m – 1,7 m
-Concrete Class B fc 30 Mpa
-Reinforcing Steel Grade 40
-Composit Coloum thk 20 mm
Pile : P10, P11, PB4, PB5

2.Super Structure
a.Steel Superstructure
-P8 – P13 = 5 span @25 m
-PB3 – PB4 = 25 m
-PB4 – PB6 = 30 m
-PB6 – PB7 = 25 m
b.Concrete Superstructure
-Concrete class A (fc = 35 MPa)
-Reinforcement steel grade 40
-Voided Slab Girder
A1 – P8 = 8 span @ 20 m
AB1 – PB3 = 3 span @ 20 m
-Double Trapezoid Girder
PB7 – AB2 = 3 span @ 20 m

Dalam pekerjaan proyek ini ada beberapa hal yang menarik diantaranya :
Pekerjaan Pondasi Bor Pile yang menggunakan grouting untuk perbaikan tanah
Pekerjaan Lantai yang menggunakan sistem pre-stress
Pekerjaan box girder/steel box bentang tengah

Pekerjaan Pondasi Bor Pile
Foto - Foto Proyek

pekerjaan pier

suasana lokasi proyek

suasana lokasi proyek

Pekerjaan Parapet

Foto tampak depan




Box Girder/Steel Box


Teman - teman yang lagi PKL


Overview Fly Over Merak




Tidak ada komentar: